Perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial

Perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial
Perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial dapat dilihat dalam pengertian masing-masing istilah.

Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial masuk dalam kategori media baru (new media) era internet.

Pada dasarnya semua jenis media yang tersaji di internet atau memerlukan koneksi internet bisa disebut media online.

Media Online dalam bahasa Indonesia disebut Media Daring. Daring adalah singkatan dari Dalam Iaringan, yakni jaringan internet.

Apa pengertian dan perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial? Berikut ini penjelasan ringkasnya.

Pengertian Media Online 

Media Online adalah segala jenis media atau sarana komunikasi yang tersaji secara online melalui koneksi internet, seperti email, website, blog, media sosial, jejaring sosial, termasuk aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Line.

Media artinya sarana, saluran, atau channel. Online artinya terhubung ke jaringan Internet atau Dalam Jaringan (Daring) dalam bahasa Indonesia, yakni jaringan internet.

Pengertian Media Online secara sempit atau dalam konteks media massa/pers adalah situs web berita, portal berita, atau suratkabar dan majalah online.

Asep Syamsul M. Romli dalam buku Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online (Nuansa, Bandung, 2012) mengartikan media online sebagai berikut: media online adalah media massa yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Masih menurut Romli dalam buku tersebut, media online adalah media massa ”generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) –koran, tabloid, majalah, buku– dan media elektronik (electronic media) –radio, televisi, dan film/video. Media Online merupakan produk jurnalistik online.

Dewan Pers menyebut jenis media ini dengan sebutan Media Siber (Syber Media), sebagaimana dalam Pedoman Pemberitaan Media Siber.

"Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik." (Dewan Pers).

Pengertian Website

Website atau situs web adalah satu satu jenis media online, yaitu halaman yang berisi beragam informasi dengan satu doman web. Google, Facebook, Detikcom, Yahoo, termasuk website sekaligus media online.

A website, also written as web site, or simply site, is a set of related web pages typically served from a single web domain. (Wikipedia).

Untuk mengetahui pengertian website selengkapnya, plus sejarah, cara membuatnya, cara membuka web, dan manfaat website, silakan buka Pengertian Website Lengkap.

Pengertian Website

Pengertian Media Sosial

Media Sosial (Social Media) adalah bagian dari website dan media online. Media online adalah situs web yang berfungsi sebagai forum online atau sarana interaksi sosial, pergaulan, pertemanan, antara orang-orang di seluruh dunia.

Forum online ini juga berfungsi sebagai sarana berbagi atau bertukar infomasi, saling komentar, dan sebagainya. Termasuk media sosial adalah Blog, Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, LinkedIn, Flickr.

Pengertian Media Sosial

Pengertian  Jejaring Sosial

Jejaring Sosial (Social Networking) adalah bagian dari media sosial, yaitu berupa pemanfaatan media sosial untuk membangun jaringan pertemanan, jaringan bisnis, jaringan pergerakan, bahkan bisa membangun jaringan untuk menggelar aksi demonstrasi besar-besaran.

Diibaratkan, media sosial adalah kendaraan mobil (benda). Jejaring sosial adalah mengendarai mobil itu (aksi/pemanfaatan).

Nah, sekarang jelas 'kan pengertian sekaligus Perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial?

Social Media vs Social Networking

Yang paling banyak diperdebatkan adalah beda antara media sosial dan jejaring sosial (social media vs social networking).

Gambar berikut ini jawabannya:

Social Media vs Social Networking

Demikian pengertian sekaligus Perbedaan Media Online, Website, Media Sosial, dan Jejaring Sosial. Wasalam. (www.baticmedia.com).*

2 comment:

  1. ramai yg keliru antara website dan media sosial

    ReplyDelete
  2. nuhun...masih pakewuh afa yg bilsng WA bukan medsos

    ReplyDelete