Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online

Media Online
Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online. 

Komunikasi Tulisan adalah proses penyampaian pesan, informasi, atau pemikiran secara tertulis.

Media Online adalah sarana atau saluran penyampaian pesan secara online atau melalui internet, seperti email, media sosial (facebook, twitter, dll), blog, dan situs web (website).

Komunikasi Tulisan di Media Online membutuhkan teknik, cara, atau gaya tersendiri yang berbeda dengan komunikasi di media konvensional --media cetak (koran, majalah, dll) dan media elektronik (radio, televisi).

Komunikasi Tulisan di media online harus memperhatikan beberapa aspek berikut ini:
  1. Scannability
  2. Readability
  3. Findability
  4. Usability
Scannability
Tulisan di media online harus scannable (mudah dipindai). Teks di monitor bukan dibaca, tapi dipindai.

Readability
Tulisan di media online harus readable (mudah dibaca). Tampilan teks atau tulisan harus mudah dibaca, tidak melelahkan dan menyilaukan mata.
Findability
Mudah ditemukan, yakni mudah diindeks mesin pencari dan mudah ditemukan pembaca. Data atau hal terpenting dalam pesan komunikasi tulisan online ini juga harus mudah ditemukan, seperti dihighligt, ukuran hurufnya diperbesar, diberi warna, dll.

Usability
Menyangkut aspek kemanfaatan atau kegunaan. Pesan yang disampaikan di media online harus dibutuhkan dan penting bagi pembaca, pengguna (user), atau pengunjung (visitor).

Demikian Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online yang akan disambung pada posting berikutnya secara detail disertai contoh.*

» Thanks for reading: Teknik Komunikasi Tulisan di Media Online
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment