6 Tips Menggunakan Snapchat untuk Bisnis

6 Tips Menggunakan Snapchat untuk Bisnis
6 Tips Menggunakan Snapchat untuk Bisnis

SNAPCHAT adalah aplikasi mobile untuk mengirimkan pesan gambar dan multimedia.

Snapchat masuk dalam kategori media sosial (social media) yang mendominasi internet atau dunia maya.

Snapchat yang masuk app store tahun 2011 adalah platform media sosial dengan target anak muda. Bahkan, ada indikasi media sosial Snapchat mulai menggeser popularitas Facebook, Twitter, dan Instagram.
  • Snapchat memiliki 100 juta pengguna aktif harian.
  • 86% dari pengguna Snapchat ini berusia 13 – 37 tahun.
  • 5 + miliar video ditonton pada Snapchat setiap hari.

Saat ini pengguna snapchat mencapai lebih dari 100 juta user per hari, mayoritas anak muda, sebagaimana dirilis Wall Street Journal berikut ini.

pengguna snapchat

Snapchat untuk Bisnis

Sebagaimana platform media sosial dan aplikasi mobile lainnya, snapchat juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis online atau pengembangan bisnis.

Berikut ini tips memanfaatkan Snapchat untuk pengembangan brand (merek) dan menarik follower sebagaimana dirilis Liputan6 dari laman Make Use Of.

1. Tukar Kamera Depan dan Belakang Saat Merekam

Banyak pengguna Snapchat mengira kamera hanya bisa dipakai satu arah saja saat merekam sebuah video, yakni kamera belakang atau depan. Namun, pengguna dapat mengganti arah kamera ketika merekam sebuah video. Untuk melakukannya pun cukup mudah, pengguna cukup mengetuk layar dua kali saat merekamnya.

2. Buat Frame dengan Huruf

Hampir dipastikan pengguna Snapchat mengetahui cara mengisi tulisan di sebuah snap. Pengguna cukup memilih 'T' yang berada di bagian layar ketika akan menggunggah sebuah gambar.

Tapi, tahukah Anda, huruf-huruf tersebut dapat diubah menjadi frame untuk memperkaya konten unggahan. Pengguna cukup memilih huruf-huruf yang dirasa tepat digunakan menjadi frame, lalu memperbesarnya sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh, huruf "O" dapat digunakan sebagai frame bulat utuh pada gambar. Sementara, huruf "A" besar dapat dipakai untuk membuat sebuah frame segitiga utuh.

3. Atur Cerita dari Teman-teman Terdekat

Snapchat secara otomatis akan menyusun Snapchat stories berdasarkan alfabet setelah melewati bagian 'Recent Updates'. Di sisi lain, tak jarang pengguna ingin kembali melihat beberapa snap dari orang-orang terdekat.

Sayangnya, hal itu terkadang menyusahkan untuk dilakukan sebab tak jarang pengguna memiliki banyak teman dalam daftar kontaknya. Belum lagi ada kemungkinan nama teman-teman tersebut dimulai dengan huruf akhir dalam alfabet. Kegiatan mencari nama teman pun akan semakin sulit.
Dengan sedikit trik, hal tersebut sebenarnya dapat diatasi. Pengguna cukup menambahkan huruf "A" di depan nama orang terdekat itu, untuk membuatnya selalu berada di atas dalam daftar kontak.

Cara melakukannya pun sederhana, pengguna cukup menggeser layar ke bawah dan pilih daftar 'My Friends'. Pilih nama kontak yang ingin diubah, lalu pilih lambang roda gigi dan ganti nama pengguna. Setelah itu, Anda tak perlu lagi repot mencari kontak dari orang-orang terdekat.

4. Gunakan Emoji untuk Atur Daftar Teman

Pengguna dapat menggunakan emoji untuk membuat sebuah pengelompokkan dari teman atau seseorang yang diikuti.

Langkah yang dilakukan pun sama dengan cara sebelumnya, tapi pengguna harus menambahkan emoji di depan huruf pertama kontak yang dimaksud. Setelah itu, secara otomatis kontak tersebut akan dikelompokkan berdasarkan emoji yang diberikan.

Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan emoji hati untuk menandai keluarga ataupun kekasih. Sementara untuk musisi yang diikuti pengguna dapat menggunakan emoji gitar atau not dalam musik, dan emoji lain untuk membuat lebih banyak kelompok.

5. Berbagi Snap dari Discover Stories

Salah satu fitur yang menyenangkan dari Snapchat adalah Discover Stories. Lewat fitur ini pengguna dapat menemukan konten informatif dan menarik, yang berasal dari IGN, National Geographic, CNN, sampai MTV.

Dengan konten menarik tadi, tak jarang pengguna ingin membagi snap tersebut ke orang-orang terdekat. Sayangnya, seolah-olah Snapchat tidak memungkinkan hal tersebut. Padahal, ada cara untuk dapat melakukan hal tersebut.

Untuk melakukannya, pengguna cukup menekan dan menahan konten dari Discover Stories yang dibagi. Setelah itu, konten tersebut akan berubah menjadi draft layaknya snap yang akan diunggah. Dari situ, pengguna cukup mengatur termasuk menambahkan filter, dan membaginya seperti biasa.

6. Menyimpan Cerita Snap Pengguna

Snapchat memang dikenal sebagai jejaring sosial yang mengunggulkan sistem ephemeral, yakni konten yang diunggah akan segera terhapus. Namun, bukan berarti konten yang diunggah pengguna tak bisa disimpan untuk ditonton kembali.

Pengguna cukup melakukan langkah-langkah yang sebenarnya sudah disediakan Snapchat di aplikasinya. Pengguna cukup menggeser layar ke arah kanan untuk melihat daftar cerita yang sudah diunggah di bagian 'My Stories'.

Pillih dan buka konten tersebut. Setelah itu, geser layar dari bawah ke atas dan pengguna akan menemukan jejeran ikon yang dapat digunakan. Pilihan menyimpan konten berada di bagian paling kanan ikon.

Selain itu, pengguna juga bisa melihat teman yang sudah melihat unggahan tersebut dengan memilih ikon mata di bagian paling kiri. Selamat mencoba.

Tips Promosi Bisnis via Snapchat

Tips lainnya dirilis Wolipop Detik berikut ini:

1. Mini Tutorial

Anda bisa memanfaatkan Snapchat untuk mempromosikan website pribadi serta branding diri sendiri. Salah satunya dengan membagikan mini tutorial

2. Sneak Peak

Snapchat juga bisa dimanfaatkan untuk memperlihat sneak peak atau cuplikan dari koleksi terbaru produk Anda. Anda bisa membagikan video atau gambar dengan tulisan serta filter yang menyenangkan. Dengan begitu, para pelanggan bisa semakin penasaran dan menantikan barang terbaru dari brand Anda yang diharapkan dapat menaikkan penjualan.

3. Behind The Scenes

Menampilkan behind the scenes sebuah produk pernah dilakukan Kylie Jenner. Kala itu, ia membagi video mengenai situasi pabriknya yang tengah memproduksi koleksi lipsik terbaru dari Lip Kit. Hal tersebut juga dilakukan oleh founder Consort Design yakni Mat Sanders dan rekannya Brandon Quattrone. Menurut mereka, video behind the scenes itu seharusnya dibuat secara kasual dan menyenangkan.

4. Mini Series

Dilansir My Domaine, Mat dan Brandon juga menyarankan agar video tersebut dibuat bercerita. Anda pun bisa membuatnya bersambung seperti mini series. Hal tersebut dapat membuat isi Snapchat Anda lebih menarik sehingga punya banyak followers. Cara itu juga membuat pelanggan semakin memperhatikan dan menantikan produk-produk terbaru daru brand Anda.

Demikian tips dan trik menggunakan Snapchat untuk promosi dan pengembanan bisnis.*

» Thanks for reading: 6 Tips Menggunakan Snapchat untuk Bisnis
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment