Pengertian Angle Berita (News Angle)

Pengertian Angle Berita (News Angle)
ANGLE berita (news angle) adalah sudut pandang (poin of view) wartawan terhadap sebuah peristiwa atau kasus.

News Angle inilah yang akan membedakan isi berita antara satu media dengan media lainnya. Peristiwanya sama, namun karena perbedaan news angle, konten dan pesan beritanya akan berbeda.

Pengertian Angle Berita

Secara harfiyah, news angle artinya sudut atau sisi berita. Angle sebuah berita muncul di bagian teras (lead).

"Kamus" jurnalisme About mendefinisikan news angle sebagai "The angle is the point or theme of a news or feature story. The angle is found in the lede of the story."
Angle adalah poin atau tema sebuah berita atau feature. Angle ditemukan di teras cerita.

Istilah lain News Angle adalah News Peg, News Hook, dan Story Hook, yaitu pasak berita, pelatuk berita, momentum berita, cantelan berita, pokok berita, topik atau peristiwa aktual, atau situasi yang menjadi nilai berita (news value).

The Oxford Pocket Dictionary (2009) mengartikan News Peg sebagai an aspect or angle of a story that makes it newsworthy”  –aspek atau sudut pandang (angle, perspektif) sebuah peristiwa yang membuatnya bernilai berita atau patut dijadikan berita.

Namun, ada juga yang membedakan News Peg dengan Angle. Banjir adalah Angle. News Peg-nya adalah korban banjir atau warga yang mengungsi.

Beda News Peg dan News Hook

Ada juga yang membedakan antara News Peg dan News Hook. “People always get confused between a news peg and a hook  (understandingmarketing.com) . Orang-orang selalu bingung antara pasak berita dan kail .

Contoh: reformasi perawatan kesehatan merupakan News Peg. Aksi demo di pusat kota untuk memprotes rencana perawatan kesehatan tersebut adalah Hook.

Angle berita dipengaruhi bahkan ditentukan oleh kebijakan redaksi (editorial policy) media tempat wartawan bekerja. Media pro-pemerintah akan mencari angle yang menaikkan citra pemerintah. Media oposisi akan mencari sisi negatif yang cenderung menjatuhkan citra rezim.

Sebuah peristiwa akan memunculkan banyak berita karena si angle ini. Beda angle akan beda konten dan "pesan" dalam sebuah laporan jurnalistik (berita).

Demikian Pengertian Angle Berita (News Angle). Wasalam. (www.baticmedia.com).*

» Thanks for reading: Pengertian Angle Berita (News Angle)
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment