Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial

Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial
Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial. Banyak Perusahaan Merekrut Pegawai via Medsos.

MEDIA SOSIAL (social media) adalah media pertemanan dan berbagi (share). Namun, fungsi dan peran media sosial kini berkembang menjadi media jualan, promosi, bahkan kampanye politik.

Media sosial merupakan sarana paling efektif untuk  membangun brand dan bisnis, termasuk "personal brand". Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, dan Linkedin menjadi tempat favorit untuk mencari teman baru, bertemu teman lama, berbagi informasi, promosi, kampanye, menyebarkan ide, curhat, dan sebaginya.

Media sosial juga bisa menjadi sarana rekrutmen pegawai bagi perusahaan dan sarana mencari kerja. Sejumlah studi menunjukkan banyak perusahaan melakukan rekrutmen pegawai melalui media sosial.

Sebuah survei Society for Human Resource Management menyebutkan, 57 persen perusahaan merekrut atau mencari pegawai yang dibutuhkannya dari LinkedIn, 19 persen dari Facebook, dan 65% perusahaan menggunakan media sosial lainnya untuk merekrut pekerja.

Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial

Berikut ini tips mendapatkan pekerjaan dengan pengoptimalan media sosial:

1. Perbarui Akun Media Sosial Anda

Pastikan Anda memiliki beberapa media sosial yang penting, seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter, karena atasan Anda akan mencari media sosial Anda pada saat wawancara kerja.

Beberapa perusahaan bahkan menjadikan profil Anda di LinkedIn sebagai cerminan diri Anda. Untuk itu, Anda harus terlihat menarik di depan atasan, dengan memperbarui dan melengkapi berbagai informasi tentang diri Anda di media sosial.

2. Pastikan Informasi Sesuai Fakta

Pada saat Anda pertama kali menggunakan media sosial, tentunya terkadang menggunakan beberapa informasi palsu. Anda harus memastikan apa yang tertulis di CV sesuai dengan apa yang tertulis di media sosial Anda. Beberapa atasan biasanya mengecek keaslian data diri Anda, dilihat dari media sosial yang Anda punya.

3. Pilih Unggahan Media Sosial Anda

Jika Anda pernah mengunggahhal-hal negatif, komentar rasis, hingga bertengkar di media sosial, Anda harus mulai menghapus berbagai postingan tersebut.

Beberapa surveimenunjukkan seorang HRD biasanya menyeleksi calon pekerja dengan apa yang mereka unggah di media sosial. Tidak boleh ada kata-kata kasar, komentar rasis, hingga foto-foto vulgar di timeline media sosial Anda.

4. Cari Pekerjaan di Media Sosial

Jika Anda bosan mencari pekerjaan di situs daring maupun media sosial, mungkin Anda dapat mencoba mencari pekerjaan di media sosial. Anda bisa bergabung dengan grup Facebook maupun LinkedIn bagi para pencari kerja. Di sana Anda bukan hanya bisa berbagi lowongan pekerjaan, tetapi berbagi pengalaman bagaimana mendapatkan pekerjaan.

5. Mulai Berhubungan dengan Rekan Kerja di Media Sosial

Anda dapat mulai berteman dengan calon rekan kerja di perusahaan yang Anda inginkan di Twtitter dan LinkedIn termasuk manajer HRD. Dengan terhubung dengan orang-orang baru ini, Anda mungkin saja dapat mendapatkan koneksi ke tempat pekerjaan yang Anda inginkan.

6. Perhatikan Nama Akun Media Sosial dan Email Anda

Jika akun media sosial dan surel Anda masih menggunakan nama yang tidak sesuai dengan nama asli Anda, Anda harus menggantinya. Hindari nama email "alay" semacam cutiepie1234@gmail.com atau dewic4ntiqe@gmail.com

Selain lebih mudah dicari, nama akun media sosial yang tidak jelas juga akan mempengaruhi citra diri Anda di mata atasan Anda.

Demikian Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial yang disadur dari laman web Entrepreneur. (http://www.baticmedia.com).*

VIDEO: KEKUATAN MEDIA SOSIAL


» Thanks for reading: Tips Mencari Kerja Lewat Media Sosial
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment