Kredibilitas Media Online: Pengertian dan Faktor Penentu

Kredibilitas Media Online
Kredibilitas Media Online: Pengertian dan Faktor Penentu.

Kredibilitas Media (Media Credibility) adalah tingkat keterpercayaan pemberitaan media. Makin kredible sebuah media, maka tingkat kepercayaan publik terhadap pemberitaan media tersebut kian tinggi.

Secara bahasa, kredibilitas (credibility) artinya kepercayaan atau keadaan dapat dipercaya, berakar kata credible yang artinya dapat dipercaya. .

"The concept of media credibility is related to the more general concept of trust. If one views media credibility as audience trust applied to the news media, then one needs to better understand the concept of trust." (Oxford Bibliographies)

Hasil studi Pew Center menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap pemberitaan media menurun.

TV Media Paling Kredibel

Sebuah survei tahun 1961, untuk melihat media mana yang memiliki kredibilitas paling tinggi, menempatkan televisi sebagai media terbaik dan sumber berita yang paling kredibel. 

Hasil survei yang dimuat Doris A. Graber dalam Processing Politics: Learning from Television in TheInternet Age (Chicago: University of Chicago Press, 2001) menunjukkan, media cetak (suratkabar/koran) memiliki keuntungan lebih karena mampu menyajikan berita dengan lebih mendalam dan waktu yang dimiliki lebih panjang untuk mengecek kebenaran sebuah berita. 

Namun, menurut Graber, televisi menjadi lebih populer dari karena banyak orang menemukan bahwa televisi menjadi media yang paling mudah, paling cepat, dan paling menyenangkan dalam mendapatkan informasi.

Faktor Kredibilitas Media 

Faktor penentu kredibilitas media antara lain:
  1. Balance. Keseimbangan dalam pemberitaan, termasuk menyajikan dua pihak yang saling bertentangan (covering both side).
  2. Accuracy. Keakuratan konten berita, baik dalam arti data dan fakta yang disajikan, maupun dalam hal kesesuaian judul dengan isi berita. 
  3. Currency. Kebaruan, aktualitas, up to date, atau timeliness. 
  4. Fairness. Kejujuran dan kewajaran dalam pemberitaan. Fairness juga bermakna "rasionalitas" atau masuk akal tidaknya sebuah pemberitaan.
  5. Impartial. Tidak bias atau tidak memihak.

Kredibilitas Media Online

Era internet memunculkan banyak media online, mulai dari situs berita hingga blog (situs yang dikelola secara perorangan).

Banyak media online, terutama blog berita, yang memiliki kredibilitas rendah karena tidak memenuhi lima faktor penentu kredibilitas di atas.

Bahkan, data Dewan Pers menunjukkan, mayoritas media online di Indonesia saat ini tidak profesional alias media abal-abal. (Baca: Mayoritas Media di Indonesia Tidak Profesional alias Media Abal-Abal).

Sayangnya, pengguna internet turut andil dalam mempopulerkan media-media abal-abal tersebut, dengan cara membagikan (share) berita di media sosial. Banyak pengguna Facebook yang "asal share" tanpa mencermati kredibilitas sebuah situs atau blognya.

Sesuai dengan ketentuan Dewan Pers, media online yang profesional dan kredibel akan berbadan hukum dengan alamat dan tim redaksi yang jelas.

Dalam pemberitaan, media profesional dan kredibel akan mematuhi kode etik jurnalistik, menulis berita sesuai dengan kaidah jurnalistik, judul sesuai dengan isi, dan bertujuan memberi informasi (to inform), bukan bermisi mempengaruhi (to influence) seperti media propaganda.

Dalam kasus media online, dalam hal ini blog berita, sejumlah blog sayangnya "mendominasi" hasil pencarian karena trik mereka dalam pengoptimalan mesin pencari (SEO).

Saat dibuka atau dibaca, tulisannya sangat tidak enak dibaca dan begitu banyak pengulangan kata kunci demi memenuhi aspek 'kepadatan kata kunci' (keywords density). Anehnya, Google tidak menganggapnya sebagai 'spam' dan malah dimanjakan di peringkat atas halaman hasil pencarian (SERP).

Demi trafik, pageviews, dan peringkat, media online berlomba-lomba menerapkan tips dan trik SEO yang berakibat pada tulisan yang "tidak alami" sehingga tidak enak dibaca. Mereka menulis untuk mesin, bukn untuk manusia.

Jika Anda menemukan situs berita atau media online yang isi tulisan untuk mesin seperti itu, tidak usah dikunjungi lagi, karena hanya akan memusingkan Anda.

Demikian ulasan ringkas tentang 'Kredibilitas Media Online'. Wasalam. (http://www.baticmedia.com).*

» Thanks for reading: Kredibilitas Media Online: Pengertian dan Faktor Penentu
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment