Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier

Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri
KEKUATAN media sosial seakan tidak bisa dibendung dan dihindari. Media pertemanan atau jejaring sosial ini terbukti efektif menyebarluaskan informasi, promosi, bahkan untuk pengembangan bisnis.

Media sosial juga dapat dimanfaatkan untuk membangun citra diri positif dan mengembangkan karier. Pekerjaan idaman juga bisa didapat melalui media sosial. (Baca: Tips mencari kerja via media sosial).

Dalam diskusi Linkedin Media Forum di Jakarta, Selasa 2 Agustus 2016, Head of Southeast Asia, Talent Solution Linkedin, Frank Koo, membagikan tips untuk membangun citra diri yang baik di media sosial. 

Dilansir Viva, secara khusus tips membangun citra diri positif di media sosial ini juga ditujukan bagi para "generasi milenials" (usai 18-34 tahun) untuk mencari dan mengembangkan karier.

Untuk menerapkan tips ini, Anda harus punya akun media sosial Linkedin yang dikenal sebagai situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional.

1. Otimalisasikan Profil di Linkedin

Menurut Frank, hal pertama yang harus dilakukan untuk membangun citra diri yang baik malui sosial media adalah dengan mengoptimalisasikan profil dari Linkedin. 

Linkedin berbeda dengan media sosial lainnya. Jadi, susunlah profile Linkedin seprofesional mungngkin. "Jangan hanya menuliskan poin-poin, tapi juga ceritakan dengan narasi yang baik, dan juga visual yang menarik," katanya.

Selain itu, Linkedin juga memiliki fitur yang bisa digunakan untuk membagikan ide-ide atau inovasi yang bisa menarik perhatian para calon perekrut kerja. 

2. Sajikan Prestasi & Skills

Frank juga menyarankan untuk para milenial bisa menyajikan prestasi, keahlian dalam pekerjaan yang telah dimiliki dan dicapai. 

"Buatlah berbagai materi yang bisa Anda bagikan sesuai dengan keahlian dimana Anda memiliki passion,"tambahnya.

3. Jaringan Pertemanan Sespesifik
Sebagai sosial media untuk para profesional, buatlah jaringan pertemanan sebaik dan sespesifik mungkin dengan pekerjaan, minat, dan bakat yang dimiliki. 

"Linkedin tidak seperti media sosial pada umumnya, jadi pilihlah pertemanan hanya dengan orang-orang yang benar-benar Anda kenali, atau yang bisa dijadikan role model untuk karier,"lanjutnya.

Setelah memiliki jaringan pertemanan yang baik, manfaatkanlah jaringan tersebut untuk menggali ilmu dan belajar dari pengalaman dari jaringan yang dimiliki. 

"Banyak belajar dari akun-akun profesional yang seusai degan passion. perusahaan juga akan melihat apa yang Anda bagikan melalui laman Linkedin Anda," jelasnya.

Demikian tips Memanfaatkan Media Sosial, dalam hal ini via LinkedIn, untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier. (http://www.baticmedia.com).*

» Thanks for reading: Memanfaatkan Media Sosial untuk Bangun Citra Diri Positif dan Pengembangan Karier
Previous
« Prev Post
    The Comments

0 komentar:

Post a Comment