Dasar-Dasar Jurnalistik

Dasar-Dasar Jurnalistik
Dasar-Dasar Jurnalistik
Dasar-Dasar Jurnalistik untuk Pemula (Basics of Journalism).

JURNALISTIK (jurnalisme) adalah ilmu, seni, dan etika menulis berita, feature, dan artikel opini untuk dipublikasikan di media massa.

Dari pengertian ringkas jurnalistik tersebut, ada enam kata kunci dalam dunia jurnalistik, yakni ilmu, seni, dan etika serta berita, feature, dan opini.

Ilmu, Seni, dan Etika Jurnalistik

Ilmu (knowledge) adalah wawasan, konsep, atau teori tentang jurnalistik, mulai dari pengertian, asal-usul (sejarah), jenis-jenis jurnalistik, hingga teori pengumpulan data atau bahan tulisan (collecting), penulisan (writing), penyuntingan (editing), dan publikasi (publishing) karya jurnalistik.

Seni (art) yaitu keterampilan (skills) jurnalistik, meliputi kepiawaian dalam mengumpulkan bahan berita atau meliput peristiwa (teknik reportase), menulis berita, mengedit, hingga menyebarluaskannya melalui media massa.

Termasuk dalam seni jurnalistik yaitu penguasaan bahasa jurnalistik dan wawancara.

Etika yaitu menyangkut sikap atau perilaku (attitude) dalam aktivitas jurnalistik yang mengacu pada kode etik jurnalistik atau etika profesi jurnalis/wartawan.

Di antara kode etik jurnalistik adalah cek dan ricek, konfirmasi, verifikasi, cermat (akurat), tidak berdusta, berimbang, tidak menghakimi, dan tidak mencampuradukkan antara fakta dan opini pribadi.

Karya Jurnalistik: Berita, Feature, Opini

Tiga kata kunci lain yang ada dalam pengertian jurnalistik adalah berita, feature (baca: ficer), dan opini.

Berita (News) adalah produk utama jurnalistik. Berita adalah laporan peristiwa yang bernilai berita --aktual, faktual, penting, dan menarik.

Jenis-jenis berita antara lain berita langsung (straight news), berita "keras" (hard news), berita ringan (soft news), berita interpretasi (interpretative news), berita mendalam (depth news/indepth reporting), dan berita investigasi (investigative news).

Feature adalah tulisan yang berisi paduan antara berita dan opini yang ditulis dengan gaya bahasa sastra. Kata-kata atau kalimat yang digunakan berupa kata berona (colorful words) yang indah dan menggugah emosi, layaknya karya sastra (puisi, cerpen, novel).

Pengertian praktis feature yaitu cerita pendek (cerpen) yang berisi peristiwa aktual atau kisah nyata tanpa rekayasa alias bukan karangan.

Jenis-jenis feature antara lain feature perjalanan, feature biografi, feature tips, dan feature berisi kisah yang mengandung human interest berupa "fragmen" sebuah peristiwa aktual.

Opini --sering disebut artikel-- yaitu tulisan berisi pendapat subjektif penulisnya tentang suatu masalah atau peristiwa aktual. Artikel yang berisi pendapat redaksi disebut "tajuk" atau "tajukrencana" (editorial).

Artikel yang ditulis pakar di bidangnya disebut "kolom" (column).  Jenis opini lainnya adalah "pojok" dan karikatur.

Demikian ulasan ringkas tentang Dasar-Dasar Jurnalistik yang akan disambung pada posting berikutnya. Insya Allah. Wasalam. (http://www.baticmedia.com).*

0 comment:

Post a Comment