Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya

Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya
Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya
Pengertian, Karakteristik, dan Jenis-Jenis Media Online.


MEDIA Online adalah saluran penyampaian pesan dan pemikiran yang hanya bisa diakses melalui jaringan internet.

Secara bahasa, media online terdiri dari dua kata: media dan online.

Media --bentuk plural dari kata medium-- artinya saluran atau sarana. Online artinya terhubungn dengan komputer, jaringan komputer, atau internet.

Dari pengertian media online secara bahasa, maka secara umum, segala jenis media komunikasi yang memerlukan koneksi internet untuk mengaksesnya, baik dari sisi komunikan maupun sisi komunikator, dinamakan media online.

Business Dictionary mengartikan media online sebagai "digital media, which includes photos, video and music, distributed over the Internet, which are either non-copyrighted or copyrighted materials provided either freely or for a fee."

Media Baru

Media online --disebut juga media digital, media siber (cyber), dan media internet-- merupakan media baru (new media) setelah media cetak (suratkabar, majalah, tabloid) dan media elektronik (radio, televisi, film).

Dalam pengertian media online secara umum, yang termasuk media online antara lain email --termasuk mailing list (milis), situs werb (website), blog, WhatsApp, Line, We Chat, Facebook, Twitter, Path, Instagram, serta media sosial atau jejaring sosial (social networking).

Selain hanya bisa diakses melalui internet, yang membedakan media online dengan media konvensional (cetak) adalah konten multimedia --teks (huruf), gambar (foto), audio (suara), video (gambar bergerak), dan link (tautan).

Elemen konten media online yang sama sekali baru adalah link atau hyperlink, yaitu tautan ke informasi lain yang bisa diakses dengan sekali "klik", "touch", atau "tap".

Jenis-Jenis Media Online

Jenis-jenis media online yang kita kenal saat ini dapat diklasifikasikan menjadi

1. Mesin Pencari (Search Engine).

Situs web yang menjadi pintu masuk menuju berbagai informasi yang diinginkan atau dicari, seperti Google, Bing, dan Yahoo.

2. Portal.

Website yang menyediakan beraneka ragam informasi, yaitu portal berita (news portal) atau situs berita seperti CNN, BBC, Detik, Republika Online, Okezone, dll.

3. Media Sosial (Social Media) atau Jejaring Sosial (Social Networking). 

Situs web yang menjadi forum online untuk berinteraksi, berteman, berbagi informasi, ngobrol atau bertegur sapa, seperti Blog, Facebook, Twitter, Youtube, Flickr, Instagram, Linkedin, MySpace, Path, dll.
Situs-situs lembaga, instansi, perusahaan, yayasan, organisasi, dan situs pribadi (personal website) termasuk media sosial karena bertujuan utama "sosialisasi" kebijakan, produk, jasa, aktivitas, program, dan --untuk situs pribadi--berbagi pemikiran dan pengalaman serta membangun jaringan, klien, konsumen, kenalan, mitra bisnis, dll.

4. Aplikasi Chatting.

Yaitu software atau program yang memungkinan orang-orang mengobrol secara online tanpa batas geografis, seperti Skype, Yahoo Messenger, WhatsApp, Line, We Chat, dll.

5. Surat Elektronik (Electronic Mail, Email). 

Akun di sebuah situs web yang menyediakan sarana bertukar pesan atau informasi melalui internet, seperti Yahoo Mail dan Google Mail (Gmail).

6. Perdagangan Elektronik (Electronic Commerce, e-commerce)

Situs jual beli online, bisnis online, berupa penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran, serta transaksi barang dan jasa yang dilakukan secara online, termasuk Marketplace seperti Kaskus, Berniaga, Bukalapak, OLX (d/h Toko Bagus).

Jenis-Jenis Media Massa Online (Pers)

Selain jenis-jenis media online secara umum, ada juga klasifikasi media online dalam pengertian media massa (pers) online, yaitu media komunikasi massa yang mempublikasikan karya jurnalistik (berita, feature, opini), termasuk foto dan video.

  1. Edisi Online media cetak surat kabar, tabloid, atau majalah, seperti Republika Online dan Kompas Cyber Media.
  2. Situs Berita Online murni --tidak menyediakan edisi cetak, seperti Detik, Okezone, Viva News, Antara News.

Karakteristik Media Online

  1. Kapasitas luas --halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
  2. Pemuatan (posting) dan editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
  3. Jadwal terbit (publikasi informasi terbaru) bisa kapan saja bisa, setiap saat.
  4. Cepat, begitu di-upload langsung bisa diakses semua orang.
  5. Menjangkau seluruh dunia yang memiliki akses internet.
  6. Aktual, berisi info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
  7. Update, pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
  8. Interaktif, dua arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room, polling, dsb.
  9. Terdokumentasi, informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”, ”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
  10. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.

Demikian Pengertian Media Online & Jenis-Jenisnya yang tentu saja "debatable" (bisa diperdebatkan).

Yang jelas, media online adalah media yang tersaji di internet dan hanya bisa diakses dan berfungsi melalui perangkat komputer atau gadget yang terkoneksi dengan internet. Wasalam. (www.baticmedia.com).*

1 comment:

  1. halo, saya ingin bertanya mengenai artikel Pengertian Media Online dan Jenis-Jenisnya. kalau boleh saya tahu, tanggal berapa artikel ini di posting dan dari mana sumber bacaan nya? terimakasih atas waktu nya..

    ReplyDelete