Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya - BATIC Media

Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya

Istilah media umumnya merujuk pada media massa, termasuk media internal humas. Kini ada media sosial. Berikut ini Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya dalam Konteks Komunikasi dan Pendidikan.

Pengertian Media

Pengertian Media

Secara etimologi, kata “media” merupakan bentuk jamak dari “medium” yang berasal dan Bahasa Latin, “medius”, yang berarti "tengah" atau "perantara" (Merriam-Webster)

Dari sini muncul istilah "mediator" (penengah) atau "mediasi" (upaya menengahi/mendamaikan).

Dalam Bahasa Indonesia, kata “medium” dan "media" memiliki banyak arti dalam berbagai konteks, antara lain komunikasi, pendidikan, dan komputer atau teknologi.

Medium artinya:

  1. ukuran sedang
  2. alat untuk mengalihkan atau mencapai sesuatu
  3. media
  4. seseorang yang dapat bertindak sebagai penghubung antara roh orang yang sudah meninggal dan manusia hidup dengan cara membiarkan diri kemasukan roh itu
  5. zat perantara untuk merambatnya gelombang bunyi
  6. zat yang digunakan untuk membiakkan bakteri, fungus, dan sebagainya

Media artinya:

  1. alat
  2. alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
  3. yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya): wayang bisa dipakai sebagai -- pendidikan
  4. perantara; penghubung
  5. zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan sebagainya, baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan
  6. bahan yang digunakan dalam pemasukan dan penyimpanan data di komputer, atau dalam perekaman hasil komputer

Dalam konteks komunikasi, media diartikan sebagai saluran, sarana, alat, atau sesuatu yang mengantar atau meneruskan sebuah pesan dari sumber (pemberi pesan, komunikator) kepada penerima pesan (komunikan).

Media juga dapat diartikan sebagai suatu bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi (AECT, 1977:162).

Dalam konteks pendidikan, istilah "media" mula-mula dikenal dengan "alat peraga", kemudian dikenal dengan istilah "audio visual aids" (alat bantu pandang/dengar), selanjutnya disebut instructional materials (materi pembelajaran), dan kini istilah yang lazim digunakan dalam dunia pendidikan nasional adalah instructional media (media pendidikan atau media pembelajaran).

Dalam perkembangannya, sekarang muncul istilah e-Learning. Huruf “e” merupakan singkatan dari “elektronik”. Artinya media pembelajaran berupa alat elektronik, meliputi CD Multimedia Interaktif sebagai bahan ajar offline dan Web sebagai bahan ajar online.

Pengertian Media Menurt Para Ahli

Berikut ini beberapa pendapat para ahli komunikasi atau ahli bahasa tentang pengertian media dalam konteks komunikasi dan pendidikan.

1. Mc.Luhan (Wibawa, 1991: 7).

Media ialah semua saluran pesan yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi dari seseorang kepada orang lain yang tidak ada di hadapanya.

2. Romiszowski (Wibawa, 1991: 8).

Media ialah pembawa pesan yang berasal dari suatu sumber pesan (yang dapat berupa orang atau benda) kepada penerima pesan.

3. Gerlach dan Ely (Ibrahim, 1982:3)

Media adalah orang, material, atau kejadian yang dapat menciptakan kondisi sehingga memungkinkan siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterapilan, dan sikap yang baru, dalam pengertian meliputi buku, guru, dan lingkungan sekolah.

4. Blake dan Horalsen (Latuheru, 1988:11)

Media adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara
sumber (pemberi pesan) dengan penerima pesan.

5. Sadiman, dkk (2002:6)

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan pengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efesien sesuai dengan yang diharapkan.

6. Gagne dan Briggs (Arsyad, 2002:4).

Media adalah alat yang secara fisik digunakan untuk menyampaikan isi materi, yang terdiri antara lain buku, tape-recorder, kaset, video kamera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer.

7. Cangara (2006 : 119)

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

Dari beberapa pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan, media adalah alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan kepada penerima.

Pengertian Media Massa

Istilah "media" umumnya dipahami dan digunakan sebagai kependekan dari "media massa" (mass media).

Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan-pesan dari sumber kepada khalayak (menerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi mekanis seperti surat kabar, film, radio, TV (Cangara, 2002).

Jenis-Jenis Media Massa

Jenis-jenis media massa ada tiga, yaitu media cetak, media elektronik, dan media internet.

1. Media Cetak (printed media)

Media cetak adalah media massa yang dicetak menggunakan mesin pencetak, yaitu surat kabar atau koran, tabloid, dan majalah.

2. Media Elektronik (electronic media)

Media elektronik yaitu media massa yang membutuhkan aliran listrik untuk bisa digunakan. Media elektronik disebut juga media penyiaran (broadcasting). Media penyiaran terdiri dari Radio dan Televisi (TV).

3. Media Internet 

Media internet disebut juga media siber (cyber media) dan media daring (online media) berupa situs web (website) dan aplikasi (apps). Media ini tersedia secara online di internet. 

Media internet sangat beragam, mulai dari website pribadi (blog) hingga situs berita (news site) yang menyajikan beragam berita dan informasi layaknya surat kabar atau majalah.

Demikian Pengertian media.*

0 Response to "Pengertian Media dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel