Pengertian Website dan Jenis-Jenisnya - BATIC Media

Pengertian Website dan Jenis-Jenisnya

Pengertian website sudah disebutkan dalam posting Perbedaan Media Online, Website, dan Media Sosial.  Kali ini kita bahas lebih dalam pengertian website (situs web) beserta jenis-jenisnya.

Pengertian Website dan Jenis-Jenisnya

Secara praktis, website adalah apa yang kita buka atau kunjungi setiap hari di internet. Umumnya kita membuka halaman website melalui situs mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Untuk mengakses sebuah web di internet, kita memerlukan gadget (komputer/smartphone), koneksi internet, dan browser. 

Pengertian Website

Website dalam bahasa Indonesia disebut Situs Web.

Secara bahasa, Situs (site) adalah
  • daerah temuan benda-benda purbakala: -- fosil binatang purba di daerah itu diusulkan untuk diteliti
  • tempat yang tersedia untuk lambang suatu inskripsi
  • tempat pada suatu papan yang dapat atau tidak dapat dilubangi (KBBI).
Web artinya "sistem untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet; jejaring; jaringan".

Dalam bahasa Inggris, website artinya "lokasi yang terhubung ke Internet yang memelihara satu atau lebih halaman di World Wide Web" (a location connected to the Internet that maintains one or more pages on the World Wide Web).

Merriam-Webster mengartikan webste sebagai "sekelompok halaman World Wide Web yang biasanya berisi hyperlink satu sama lain dan tersedia secara online oleh individu, perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintah, atau organisasi".

(a group of World Wide Web pages usually containing hyperlinks to each other and made available online by an individual, company, educational institution, government, or organization).

Web sering juga disebut World Wide Web (WWW). Pengertian World Wide Web adalah sebuah sistempenyebaran informasi melalui internet.

Informasi yangdikirimkan dapat berupa teks, suara (audio), animasi, gambar dan format video yang dapat diakses melalui sebuah software yang disebut browser atau penjelajah web, seperti Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dan lain-lain.

Dengan demikian, bisa disimpulkan, website adalah sebuah halaman yang tersedia dan bisa diakses di internet berisi informasi dalam beragam topik dan format.

Elemen Desain Website

Sebuah website umunya terdir dari:
  1. Header
  2. Main Wrapper (Content Area)
  3. Sidebar
  4. Footer
Elemen Website

Ada juga web dengan sidebar di kanan, kiri-kanan, bahkan tanpa sidebar.

1. Header

Header adalah bagian atas dari sebuah website. Biasanya berisi nama situs dan/atau logo, dan deskripsinya.

Header berfungsi untuk menampilkan identitas utama sebuah situs web. Di bagian header pula biasanya ada navigasi menu, link media sosial, dan kotak pencarian.

Contoh Desain Website

Contoh Desain Website

2. Main Wrapper

Elemn untuk isi, postingan, atau artikel website. Konten adalah bagian terpenting dari sebuah website. Konten di halaman utama sebuah web biasanya adalah daftar postingan.

3. Sidebar

Sidebar adalah bagian sisi kanan atau kiri sebuah website. Sidebar biasanya berisi informasi tambahan dan navigasi berupa widget.

Yang ditampilkan di sidebar biasanya kotak pencarian, daftar tulisan terbaru (recent posts), artikel terpopuler (popular posts), label atau kategori, dan kotak berlangganan (subscribe box).

4. Footer

Footer adalah bagian dasar atau paling bawah website. Biasanya berisi informasi hak cipta (copyrights), kepemilikan, dan kredit link desainer web, juga bisa berisi widget seperti sidebar.

Unsur-Unsur Website

Terdapat 3 unsur yang membangun sebuah website. Tanpa adanya tiga unsur ini, website tidak akan pernah ditemukan dan takkan bisa diakses oleh pengguna di internet.

Ketiga unsur yang dimaksud adalah nama domain, hosting, dan konten.

1. Domain

Domain adalah sebuah nama unik yang merupakan alamat dari suatu website. Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.

Nama domain memiliki banyak ekstensi. Terpopuler adah .com, .net, .org, .co.id (web perusahaan), .or.id (web organisasi), dan go.id (website instansi pemerintah). Contoh domain: baticmedia.com.

2. Hosting. 

Hosting adalah "rumah" tempat kode dan konten web disimpan. Semua database (script, gambar, video, teks dan lain sebagainya) yang diperlukan untuk membentuk suatu website ada di hosting.

Banyak sekali penyedia domain dan hosting di Indonesia, seperti Niagahoster dan Qwords.

3. Konten.

Konten adalah isi website berupa informasi dalam format teks (tulisan), gambar (foto), audio, atau video. Konten website tergantung jenis webnya.

Konten situs web berupa media sosial berupa postingan para pengguna atau pemilik akun.

Jenis-Jenis Website

Saatnya kita mengenal jenis-jenis website.

1. Search Engine 

Website Mesin Pencari ata mesin telusur, yaitu jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user.

Mayoritas pengguna internet mencari informasi melalui jenis situs ini, teruma Google Search, Bing, dan Yahoo.

Mesin Telusur tidak membuat konten. Mereka hanya merambah, mengindeks, dan memeringkat konten website lain dalam situsnya.

Website Mesin Pencari

2. Portal

Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya.

Namun, pada umumnya web portal tidak hanya menampilkan informasi dari sumber luar, kadang mereka juga menampilkan informasi-informasi dalam website mereka sendiri.

Contoh web portal antara lain: Yahoo, MSN, MSNBC, dan lain-lain.

3. Wiki.

Website wiki yang paling terkenal saat ini adalah Wikipedia. Website wiki adalah website yang mengizinkan pengunjung untuk ikut menulis dan mengedit artikel yang ada dalam website tersebut dengan mengacu pada peraturan-peraturan tertentu.

Masing-masing website wiki memiliki aturan yang berbeda-beda. Biasanya, meskipun semua pengunjung bebas untuk menulis dan mengedit artikel di website ini, namun ada sekelompok orang yang bertugas untuk memeriksa konten yang dimuat apakah layak atau tidak untuk website tersebut.

Wikipedia

4. Media Sosial

Social Media --disebut juga Social Networking-- adalah situs tempat berbagi (sharing)  dan membangung jejaring sosial.

Konten situs ini dibuat oleh para pengguna yang berbagi dan bertukar informasi, seperti tulisan, foto, musik, dan video.

Media sosial terpopuler adalah Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Pinterest, Linkedin, Tiktok, dan sebelumnya ada Multiply, Friendster, dan MySpace.  Ada juga media  sosial untuk berbagi lokasi seperti FourSquare.

Media sosial terpopuler


5. Forum

Forum adalah jenis website mirip media sosial untuk berbagi informasi, namun lebih ke arah diskusi atau obrolan antar-pengguna. Contoh website forum antara lain Kaskus dan Quora.

6. Situs Berita 

Website jenis situs berita adalah media massa yang tersaji secara online. Disebut juga media siber, situs ini berisi berita-berita dan artikel-artikel layaknya suratkabar atau majalah.

Contoh situs berita antara lain detik.com, kompas.com, republika.co.id, liputan6.com, cnnindonesia.com, tribunnews.com.

7. Social Bookmarking

Social bookmarking atau penanda sosial adalah situs yang mengijinkan user untuk memasukan informasi atau sumber informasi artikel-artikel tertentu untuk dibaca atau di-rating dan dikomentari oleh user lainnya.

Penanda sosial adalah sebuah metode bagi pengguna internet untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari penanda sumtydx.d.ber daya yang tersedia secara online.

Situs jenis ini sering digunakan oleh pemilik situs berita, blog dan situs-situs lainnya untuk mempromosikan konten situs mereka. Situs social bookmarking yang terkenal antara lain Reddit, Stumbleupon, Digg, Scoop.it, Delicious, dan Digg.

Media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Pinterest juga masuk dala kategori ini, karena pengguna sering menjadikan postingan websitenya sebagai status update.

Social Bookmarking

8. Media Sharing

Situs ini khusus disediakan bagi user untuk meng-upload konten elektroknik seperti gambar, musik, dan video. Contohnya adalah Youtube, Flickr, Imageshack, SlideShare, dll.

9. Cloud

Situs jenis cloud ini adalah pengembangan dari situs media sharing. Situs ini memberikan fasilitas penyimpanan file sekaligus berbagi file . Beberapa contoh website cloud antara lain Dropbox, SkyDrive, dan GoogleDrive.

10. Company Profile

Company profile biasanya berupa website sederhana untuk menampilkan profil dan produk atau jasa serta portfolio sebuah perusahaan.

Website jenis ini hanya untuk memperkenalkan profil perusahaan dan media pemasaran atau promosi online.

11. Corporate Website

Berbeda dengan company profile, Corporate Website biasanya lebih kompleks atau bisa juga disebut Company Web Portal.

Website ini berisi informasi lengkap dari latar belakang hingga kegiatan-kegiatan suatu perusahaan, organisasi atau yayasan sosial baik yang bersifat profitable ataupun non-profit.

Informasi-informasi dalam corporate website bisa berupa profile perusahaan/organisasi, latar belakang, visi dan misi, daftar founder dan pengurus, informasi investor dan klien hingga laporan keuangan, afiliasi dan lain-lain, serta artikel-artikel dan beritaberita yang terkait dengan kegiatan perusahaan/organisasi tersebut.

12. Online Store

Online store atau toko online --dikenal juga sebagai e-commerce-- adalah situs jual-beli online baik berupa marketpace seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak-- maupun situs online store yang dibuat oleh pemilik sebuah usaha.

13. Blog

Blog adalah sebuah website yang umumnya dikelola oleh perseorangan atau individu. Blog disebut juga website pribadi atau halaman pribadi (personal webpage).

Website jenis ini dikelola para blogger untuk mengeskpresikan pemikiran, gagasan, opini, atau berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Blog juga dianggap sebagai media sosial karena para blogger biasanya saling berinteraksi melalui blognya dengan pembaca.

Platform blog paling populer adalah Blogger dan WordPress. Banyak juga blog yang dikembangkan menjadi situs berita, forum, dan toko online.


Types of Websites

Types of websites There are 12 basic types of websites - ppt video ...


Demikian ulasan tentang Pengertian Website dan Jenis-Jenisnya. (www.baticmedia.com).*

0 Response to "Pengertian Website dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel