Cara Membuat Majalah Digital dan Online Magazine - BATIC Media

Cara Membuat Majalah Digital dan Online Magazine

Cara Membuat Majalah Digital dan Majalah Online

Majalah Digital sering disebut majalah online (online magazine), majalah elektronik (electronic magazine) atau e-Magazine, e-magz, atau ezine. 

Majalah digital atau majalah online adalah versi elektronik dari sebuah majalah yang awalnya merupakan medi cetak. 

Berikut ini pengertian, perbedaan, dan Cara Membuat Majalah Digital dan Majalah Online.

Perbedaan Majalah Digital dan Majalah Online

Majalah digital dan majalah online itu serupa tapi tak sama.Meski sama-sama bisa diakses secara online melalui internet, keduanya berbeda dari sisi format.

Majalah digital adalah majalah dalam format file --biasanya Pdf-- yang tersedia secara online dan bisa didownload untuk disimpan dan dibaca kapan saja, online maupun offline.

Software yang diperlukan untuk membuka file majalah digital antara lain Adobe Acrobat, Adobe Reader, WinRAR, dan WinZip.

Majalah online hanya dapat diakses dalam keadaan koneksi internet ‘on’. Jadi, jika Anda ingin membaca konten majalah tersebut, pastikan Anda terkoneksi dengan internet.

Jelas bedanya. Majalah digital dapat dibaca meski kita tidak punya koneksi internet asalkan pembaca sudah mengunduh majalah tersebut. 

Format majalah digital sendiri berbeda-beda, ada yang berformat PDF untuk pembaca majalah di laptop/komputer dan berformat tablet untuk pembaca yang menggunakan tablet.

Contoh majalah digital adalah Male Magazine, Majalah Tempo, dan Majalah Detik yang sudah tutup. Pembaca hanya perlu mendownloadnya sekali dengan menggunakan koneksi internet, dan dapat membacanya kapan saja dengan komputer/laptop dan tablet. 

Majalah digital tidak menggunakan kertas, melainkan dalam bentuk file digital yang dapat diakses melalui komputer, laptop, handphone, android, iPhone, iPad, dan lainnya.

Awalnya, majalah digital/online merupakan edisi replika, yaitu hanya mengambil artikel dari versi cetak yang kemudian diposting secara online. Tujuannya hanya untuk memancing konsumen agar tetap berlangganan versi cetak dari majalah tersebut. 

Namun, saat ini majalah elektronik sudah semakin canggih dan berkembang sehingga mampu menjadi majalah yang memiliki konten serta karakteristik yang original dari masing-masing majalah tersebut.

Majalah online adalah situs web berisi ragam informasi layaknya rubrik di majalah cetak. 

Jadi, perbedaan majalah digital dan majalah online:
  1. Majalah Digital berupa FILE
  2. Majalah Online berupa Situs WEB.

Cara Membuat Majalah Digital

Setelah memahami pengertian majalah digital dan perbedaannya dengan majalah online, berikut ini cara membuat majalah digital.

Proses membuat majalah digital sama dengan proses membuat majalah cetak. Bedanya hanya tidak dicetak, melainkan dipublikasikan di internet.

Jadi, proses membuat majalah digital adalah sebagai berikut:
  1. Menentukan Nama 
  2. Meneapkan Logo 
  3. Susunan Redaksi/Tim Editor
  4. Rubrikasi
  5. Penulisan dan Penyuntingan Naskah
  6. Layouting di Corel, InDesign, PageMaker, MS Word, dll. 
  7. Convert ke Pdf
  8. Publikasi.

Software Majalah Digital   

Berikut ini software untuk membuat dan publikasi majalah digital.

Bagaimana Cara Membuat Majalah Online? Secara teknis, Cara Membuat Majalah Online sama dengan membuat website.*

0 Response to "Cara Membuat Majalah Digital dan Online Magazine "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel